Setiap strategi butuh prediksi tentang bagaimana hasil dan proses implementasi dari rencana tersebut. Begitu juga dalam mengoptimalkan strategi SEO. Hal ini biasa disebut dengan istilah SEO forecasting.
Perkiraan ini bukan sekadar analisis belaka. Teman-teman perlu mengumpulkan berbagai macam data, lalu baru bisa menganalisis dan mengolah demi perencanaan strategis yang lebih matang serta tujuan SEO campaign yang terarah.
Memangnya, seberapa penting menerapkan SEO forecasting untuk aktivitas SEO teman-teman? Yuk, ikuti ulasan lengkapnya bersama DailySEO!
Daftar Isi
Apa Itu SEO Forecasting?
Sesuai namanya, SEO forecasting adalah serangkaian proses untuk memprediksi hasil dari implementasi SEO lewat analisis data dan tren yang ada di periode sebelumnya.
Prediksi memang perlu dilakukan sebelum menerapkan SEO dengan harapan setiap pengambilan keputusan terkait dilakukan serealistis mungkin dan memiliki ekspektasi yang jelas.
Melakukan SEO forecasting juga bisa digunakan agar Anda mampu memahami mana sekiranya strategi yang harus diprioritaskan demi mendapatkan result secara maksimal.
Seberapa Penting Melakukan SEO Forecasting?
Bayangkan jika Anda memulai sebuah strategi tanpa tahu sama sekali hasilnya akan seperti apa.
Tentu kurang efektif, bukan? Teman-teman bisa saja kecewa karena berekspektasi berlebihan terhadap hasil yang akan didapatkan.
Oleh karena itu, SEO forecasting memegang peranan penting. Lewat prediksi yang jelas, Anda dapat menetapkan ekspektasi yang realistis dan membuat keputusan dengan akurat.
Alhasil, strategi SEO yang dijalankan selaras dengan tujuan bisnis serta berkontribusi terhadap pertumbuhan jangka panjang.
Adanya data mengenai prediksi sangat berguna apabila Anda sedang mengelola optimasi website dari client atau stakeholder yang awam dengan penerapan SEO.
Komunikasi yang akan berjalan selama project pun akan lebih lancar karena kedua pihak saling memahami kondisi terkini dan bagaimana hasilnya di kemudian hari.
Manfaat SEO Forecasting
Dari penjelasan di atas, bisa ditarik satu pemahaman bahwasannya perkiraan sebelum penerapan SEO berguna untuk penyesuaian strategi, penyelarasan pemahaman dan ekspektasi dalam tim, serta memperlancar komunikasi dengan stakeholder.
Sebetulnya ada manfaat lain yang perlu Anda ketahui, seperti:
1. Membuat keputusan bisnis dengan tepat
Seperti yang sudah disebutkan, SEO forecasting membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dan berdasarkan data.
Prediksi tentang potensi dampak dari upaya SEO seperti peningkatan traffic atau konversi memudahkan Anda dalam menetapkan taktik yang paling efektif demi mencapai tujuan serta memberikan hasil optimal.
2. Menemukan celah strategi kompetitor
Melalui forecasting pula, Anda dapat menganalisis dan memahami pergerakan kompetitor di pasar.
Celah dalam strategi kompetitor yang berhasil Anda temukan merupakan peluang tersendiri bagi Anda untuk meningkatkan kualitas strategi agar mampu bertahan di dalam kompetisi.
3. Menemukan beragam opsi strategi lainnya
Selanjutnya forecasting turut menunjang Anda dalam mengeksplorasi berbagai opsi strategi yang mungkin belum pernah dipertimbangkan sebelumnya.
Dengan begitu, teman-teman akan menemukan strategi alternatif yang lebih efektif dalam meningkatkan visibilitas online.
Metrik SEO Forecasting yang Perlu Anda Ketahui
Ketika teman-teman melakukan perkiraan, tentu saja perlu ada beberapa data atau matriks yang dianalisis terlebih dahulu.
Data ini bisa bermacam-macam. Secara general, inilah jenis matriks yang paling sering digunakan dalam SEO forecasting:
1. Click Through Rate (CTR)
Click through rate adalah persentase pengguna yang mengklik tautan sebuah website setelah melihatnya di hasil pencarian search engine. CTR dipengaruhi oleh faktor seperti title tag, deskripsi, dan maksud pencarian pengguna.
2. Conversion rate
Conversion rate mengukur persentase pengunjung yang melakukan tindakan yang diinginkan di sebuah website atau berubah menjadi sebuah leads.
Metrik ini penting dalam prediksi karena menghubungkan upaya SEO secara langsung dengan tujuan akhir.
3. Search volume
Berikutnya, ada search volume yang menunjukkan jumlah pencarian untuk sebuah kata kunci atau frasa dalam periode tertentu.
Memahami dan mengetahui besaran search volume berguna dalam forecasting untuk mengidentifikasi kata kunci mana yang memiliki potensi tertinggi untuk mendatangkan traffic.
4. Keyword difficulty
Setiap kata kunci memiliki tingkat kesulitan masing-masing dalam bersaing dengan kompetitor.
Tingkat kesulitan ini ditunjukkan lewat keyword difficulty. Pada keyword difficulty akan ditunjukkan seberapa sulitnya sebuah kata kunci untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian.
Tools untuk Mengumpulkan Data
Data dan informasi terkait metrik di atas perlu dikumpulkan lalu dianalisis. Dalam ruang lingkup SEO, biasanya ada beberapa tools yang cukup umum digunakan dalam pengumpulan data:
1. Tools 3rd party
Tools 3rd party adalah sistem atau platform yang dikembangkan oleh bukan perusahaan penyedia search engine seperti Google.
Namun demikian, tools ini tetap sangatlah berguna dan ikut mempermudah proses analisis.
Contoh yang paling populer dan sering digunakan banyak orang adalah Ahrefs.
Lewat Ahrefs, Anda dapat melakukan analisis mendalam terhadap kata kunci, memantau peringkat website di mesin pencari, dan mengidentifikasi backlink yang mengarah ke situs Anda.
Ahrefs memiliki fitur untuk melihat organic traffic yang diperoleh dari berbagai kata kunci, melakukan analisis kompetitor, sampai menemukan kata kunci baru yang memiliki volume pencarian tinggi dengan tingkat persaingan yang masuk akal untuk Anda lalui.
Data-data ini sangat penting untuk memprediksi potensi traffic yang bisa dihasilkan dari berbagai strategi SEO.
2. Google Search Console
Di samping 3rd party tools, Anda juga dapat mengandalkan tools lain seperti Google Search Console (GSC) yang merupakan official dari Google dengan akses gratis.
Dengan GSC, Anda bisa melihat data tentang click through rate (CTR), dan rata-rata posisi untuk kata kunci tertentu.
Kumpulan data tersebut akan membantu Anda memahami tren performa situs Anda di search engine dan memprediksi bagaimana perubahan dalam strategi mempengaruhi peringkat dan organic traffic di masa depan.
3. Google Analytics
Sistem analitik yang diluncurkan Google ini berguna untuk melacak dan menganalisis trafik website secara mendalam, contohnya data tentang jumlah pengunjung hingga perilaku pengunjung di situs Anda.
Google Analytics pun menyediakan informasi tentang konversi, bounce rate, dan halaman yang paling banyak dilihat.
Cara Melakukan SEO Forecasting dengan Efektif
Ada dua metode yang familiar digunakan dalam memperkirakan hasil strategi SEO, yakni:
1. Menggunakan analisis traffic
Metode pertama adalah cara yang paling umum digunakan, yaitu analisis traffic menggunakan keyword.
Analisis berfokus pada memprediksi potensi traffic, perubahan peringkat, dan konversi yang dihasilkan dari penargetan kata kunci.
Maka, bisa terlihat mana kata kunci mana yang sekirangan paling mendatangkan traffic dan konversi.
Teman-teman selanjutnya dapat menggunakan kata kunci tersebut untuk optimasi dengan tetap mempertimbangkan tingkat persaingan dan upaya yang diperlukan untuk meraih peringkat untuk kata kunci tersebut.
2. Perhitungan statistik dengan Spreadsheet
Metode berikutnya ialah statistical forecasting menggunakan data historis dan perhitungan khusus untuk memprediksi hasil di masa depan.
Media seperti spreadsheet memang sengaja digunakan karena setiap data “disandingkan” satu sama lain dan dihitung berdasarkan kebutuhan.
Tujuan dari statistical forecasting dalam SEO adalah untuk membuat model yang dapat memprediksi perubahan di masa depan dalam key performance indicator (KPI) dengan mempertimbangkan musiman, tren pasar, atau proses optimasi sebelumnya.
Apakah SEO Forecasting Benar-benar Akurat?
Ada poin krusial yang wajib Anda pahami terkait SEO forecasting. Sebab, hasil dari analisis dan perkiraan ini tidak selalu sepenuhnya akurat dan sesuai dengan hasil akhir.
Rasanya hampir tidak mungkin memprediksikan berbagai asumsi tentang masa depan dengan berbagai potensi perubahan yang mungkin akan terjadi.
Misalkan saja, faktor-faktor seperti pembaruan algoritma dan strategi kompetitor, pergeseran perilaku pengguna, dinamika pasar, serta faktor lainnya sangat mungkin berubah dan jadi berbeda jauh dengan informasi dan data terkini.
Terlepas dari keterbatasan dan kekurangannya, SEO forecasting tetap sangat berguna dan sebaiknya tidak dilewatkan. Karena melalui perkiraan, Anda memiliki pegangan berbasis data untuk menetapkan ekspektasi dan membuat keputusan perihal strategi.
Sekian ulasan singkat mengenai apa itu SEO forecasting dan berbagai macam matriks, hingga metodenya. Jangan ragu untuk berkomentar di kolom komentar jika ada yang ingin Anda tambahkan!
Untuk insight lebih jauh terkait forecasting, Anda dapat bergabung dengan grup Telegram DailySEO. Di sini, Anda akan bertemu dengan sesama praktisi SEO, lalu berdikusi soal tren dan penerapan strategi SEO yang akurat dan tepat sasaran.
Bagi Anda yang ingin meningkatkan keterampilan SEO, jangan lewatkan kesempatan untuk mendaftar di 3-Day Intermediate SEO Masterclass. Melalui kelas ini Anda akan mendapatan berbagai strategi agar siap menjadi praktisi SEO profesional.
Anda yang masih awam atau newbie dan ingin mempelajari SEO dari dasar tidak perlu khawatir. Ada kelas SEO Fundamental Course DailySEO Batch 7 untuk mendapatkan pembelajaran yang lengkap dari awal.
References:
SEO Forecasting: What Is It & Why Does It Matter?
SEO Forecasting: The Art Of Getting Buy-In
SEO Forecasting in 2024: How to Unlock Predictable Growth
2 Comments
Thanks Information !!!
Klik disini untuk info Fakultas Rekayasa Perangkat Lunak
Your style is so unique compared to other people I have read stuff from.
Fakultas Informatika