Ketika membicarakan strategi digital marketing di situs web, dua istilah yang cukup sering muncul adalah SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay-Per-Click).
Keduanya sama-sama dapat membantu visibilitas bisnis teman-teman di laman hasil pencarian search engine untuk mendatangkan traffic.
Meski begitu, masing-masing memiliki cara kerja yang berbeda, begitu pun dengan hasil yang diberikan.
Hal ini kemudian berkaitan juga dengan tujuan campaign yang dilakukan, kira-kira ditargetkan untuk waktu dekat atau dalam jangka panjang.
Lalu, sebaiknya mana yang dipilih untuk dioptimalkan agar mendapat hasil yang maksimal?
Di sinilah letak tantangannya. Sebelum memutuskan strategi mana yang akan Anda prioritaskan, penting untuk memahami kelebihan, kekurangan, dan bagaimana masing-masing metode tersebut dapat memberikan dampak pada bisnis Anda.
Daftar Isi
Pengertian SEO
SEO adalah proses optimasi website agar mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian search engine seperti Google untuk mendapatkan organic traffic alias traffic yang gratis tidak perlu berbayar untuk mendapatkannya.
Mengutip dari Ahrefs, proses ini umumnya meliputi beberapa hal, antara lain:
- Keyword research, yaitu mengenali apa yang user cari di search engine
- On-page SEO, yaitu membuat konten yang relevan dengan apa yang user butuhkan
- Off-page SEO, yaitu membangun otoritas dan kredibilitas lewat situs web lain
- Technical SEO, yaitu memastikan search engines dapat dengan mudah menemukan, melakukan crawl, dan mengindeks konten Anda
Kelebihan SEO
1. Gratis (secara teknis)
Salah satu keunggulan utama SEO adalah cara kerjanya yang tergolong organik. Teman-teman tidak perlu membayar per klik atau views selayaknya PPC.
Kalaupun memang ada harga yang perlu dikeluarkan, itu tergolong biaya di luar pengerjaan SEO, misalnya upah tim SEO, jasa pembuatan konten, atau lainnya.
Jadi, bagi Anda yang ingin membangun traffic website dengan modal minimal dan tidak sedang terburu-buru, SEO adalah pilihan yang cocok.
2. Traffic yang dihasilkan cenderung stabil
Jika konten Anda berhasil mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian, secara terus-menerus dapat menghasilkan traffic yang konsisten.
Hasil yang didapatkan melalui SEO pun cenderung lebih tahan lama, meskipun butuh sekian waktu untuk SEO baru memperlihatkan hasil yang optimal.
Website yang berada di peringkat atas di laman hasil pencarian secara organik kadang dianggap lebih terpercaya oleh user.
Alasan pertama yaitu Google telah mengindeks dan menilai website tersebut telah menyediakan konten yang kredibel dan relevan dengan search intent pengguna.
Kedua, pada situs web yang memakai SEO tidak ada tag “Sponsored” ketika muncul di SERP, berbeda dengan situs web yang memakai paid ad.
Bisa saja ada pengguna yang aware dengan hal ini dan menjadikan hal tersebut sebagai salah satu pertimbangan.

Kelemahan SEO
Di samping kelebihan-kelebihan di atas, SEO memiliki beberapa kekurangan yang patut diperhatikan. Berikut di antaranya:
1. Membutuhkan waktu yang lama
Praktik SEO merupakan proses jangka panjang. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan hingga setahun untuk mendapatkan hasil yang signifikan.
Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah Google membutuhkan waktu untuk mengindeks konten di halaman web Anda.
Proses ini kerap memakan waktu beberapa minggu sampai bulan, terutama bagi situs yang tergolong masih baru atau jarang di-update.
2. Perlu menghadapi persaingan yang ketat
Salah satu tantangan dalam SEO adalah ketika kita ingin menargetkan kata kunci dengan tingkat persaingan yang tinggi. Terlebih jika bisnis teman-teman bergerak di yang kompetitif.
Bagi bisnis kecil atau yang baru mulai menerapkan SEO tentu akan mengalami kesulitan ketika bersaing dengan perusahaan besar yang sudah memiliki reputasi kuat di search engine.
3. Perubahan algoritma
Google memperbarui algoritmanya secara berkala untuk memastikan hasil pencarian yang relevan bagi pengguna.
Perbaruan tersebut terkadang dapat memengaruhi peringkat suatu situs web.
Walaupun sudah menjalankan strategi SEO yang kuat, update algoritma seperti Google Core Update atau perubahan pada faktor-faktor penilaian ranking bisa saja membuat peringkat situs web Anda seketika turun.
Pengertian PPC
Cara kerja PPC atau Pay-Per-Click pada search engine cukup berbeda dengan SEO yang bersifat organik.
Pada metode PPC, teman-teman perlu membayar setiap kali seseorang mengeklik iklan Anda. Contoh yang paling populer adalah Search ads.
Kembali mengutip Ahrefs, penggunaan PPC terutama pada Google Ads umumnya meliputi:
- Riset keyword, yaitu menemukan apa yang customer cari
- Set bidding, yaitu menentukan berapa banyak biaya yang ingin Anda keluarkan setiap iklanmu diklik
- Pembuatan ads, yaitu membuat konten iklan yang menarik dan relevan dengan audiens
- Targeting audience, yaitu memilih audiens mana yang Anda targetkan untuk iklan yang dibuat
Kelebihan PPC
Ada berbagai keunggulan dari PPC yang tidak bisa didapatkan jika hanya mengandalkan SEO, terutama dalam hal efisiensi waktu. Ini dia beberapa di antaranya:
- Memberi hasil yang lebih cepat: Salah satu kelebihan utama PPC adalah Anda bisa melihat result-nya dalam hitungan jam atau bahkan menit setelah campaign diluncurkan. PPC adalah pilihan yang pas jika Anda membutuhkan traffic dengan cepat
- Menjangkau audiens yang tepat: PPC memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens berdasarkan demografi, lokasi, dan bahkan perilaku. Anda bisa mengatur iklan Anda supaya hanya muncul pada orang-orang yang relevan dengan produk atau layanan Anda
- Membuat eksperimen singkat jadi lebih mudah: Dengan PPC, Anda juga dapat menjalankan A/B test dan mengevaluasi segmen mana yang berhasil dan tidak dengan lebih cepat. Berbeda dengan SEO yang pada tahap prosesnya pun membutuhkan banyak waktu
Kekurangan PPC
Tentunya, PPC juga memiliki kelemahan, terlebih dalam segi biaya. Ini dia beberapa di antaranya:
- Cenderung mahal: Salah satu kekurangan utama PPC adalah masalah biayanya. Campaign PPC akan membutuhkan biaya yang banyak jika dilakukan dalam jangka panjang, karena Anda perlu membayar setiap kali seseorang mengeklik iklan Anda
- Ranking tidak tinggi lagi bila dihentikan: Jika Anda mengiklankan situs web melalui metode PPC, kemudian pada kemudian hari berhenti melakukannya, maka visibilitas situs web teman-teman di laman hasil pencarian akan langsung hilang
- Tidak selalu mendatangkan keuntungan. Meski berbayar, campaign PPC tidak menjamin akan mendatangkan konversi. Bahkan, situs web Anda juga bisa saja tidak muncul di peringkat tertinggi laman hasil pencarian, apabila ada kompetitor yang menyaingi bidding teman-teman
Jadi, Lebih Efektif Mana antara SEO dan PPC?
Keduanya memiliki peran tersendiri dalam strategi digital marketing. Kalau harus memilih mana yang paling efektif antara SEO atau PPC, itu bergantung pada tujuan dan kebutuhan bisnis Anda.
Dari penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan di atas, mari kita simpulkan intinya.
Pilih SEO untuk jangka panjang. Jika Anda mencari hasil yang lebih stabil dan tahan lama, SEO adalah pilihan yang tepat. Meski membutuhkan waktu yang lama, SEO bisa memberikan traffic yang berkelanjutan tanpa ada biaya tambahan.
Pilih PPC untuk hasil yang cepat. Apabila Anda butuh hasil yang instan atau ingin menargetkan audiens yang sangat spesifik, PPC menjadi solusi yang tepat. Namun, teman-teman harus siap dengan anggaran yang besar, terutama di area keyword atau topik yang kompetitif.
Kesimpulannya adalah baik SEO maupun PPC bisa sama-sama efektif, tergantung kebutuhan dan tujuan bisnis. Anda juga bisa memanfaatkan keduanya secara bersamaan.
Jika teman-teman baru memulai bisnis, PPC bisa sangat membantu untuk mendatangkan traffic secara langsung ke website dan meningkatkan awareness hingga konversi.
Namun, sebaiknya iringi juga dengan strategi SEO untuk membangun kredibilitas jangka panjang dan mengurangi ketergantungan pada PPC.
Dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari SEO dan PPC, Anda dapat menentukan strategi marketing yang paling sesuai untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis teman-teman.
Apabila ingin menggali insight lebih dalam seputar SEO dan PPC dan bagaimana penerapannya yang efektif, Anda bisa bergabung di grup Telegram DailySEO. Di sana, Anda akan bertemu dan berdiskusi dengan para praktisi SEO dan digital marketing.
Kelas untuk teman-teman yang masih baru di dunia SEO juga ada, yaitu SEO Fundamental Course DailySEO Batch 7. Yuk, langsung daftar di sini!
References:
1 Comment
Pingback: 7 Strategi Meningkatkan Click-Through Rate (CTR) Agar Traffic Semakin Naik - DailySEO ID