Search engine optimization (SEO) adalah strategi yang memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mulai memperlihatkan hasil yang nyata.

Beda dengan strategi marketing berbayar seperti Meta Ads, SEM, dan lainnya yang bisa memberikan hasil secara instan, menjalankan campaign SEO adalah investasi jangka panjang yang memerlukan kesabaran.

Sebagian besar campaign SEO membutuhkan waktu empat bulan bahkan sampai satu tahun untuk memberi dampak yang signifikan pada bisnis.

Hal ini seperti yang disampaikan Maile Ohye, ex-Developer Programs Tech Lead Google, melalui Google Search Central.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa hasil dari proses SEO dapat terlihat dalam beberapa bulan setelah melakukannya.

Intinya, banyak hal yang bisa memengaruhi seberapa cepat atau lambat hasil SEO baru muncul.

Dari sini, timbul pertanyaan “Apa saja yang membuat proses SEO memakan waktu hingga dapat memperlihatkan hasil?”

Mari kita bahas lebih dalam di artikel ini.

Alasan Kenapa Proses SEO Baru Bisa Terlihat dalam Jangka Waktu yang Lama

SEO bisa dibilang sebagai suatu proses yang cukup kompleks. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mengapa SEO memakan waktu cukup lama: 

1. Google butuh waktu untuk mengindeks halaman baru

Search engine seperti Google mengevaluasi dan menentukan peringkat halaman situs web berdasarkan kualitas, relevansi, dan faktor lainnya.

Setiap kali Anda membuat atau memperbarui konten di situs web, Google membutuhkan waktu untuk crawling, indexing, hingga serving atau ranking.

Proses ini melibatkan pengumpulan data dari situs teman-teman dan menganalisis relevansi konten terhadap pencarian yang dilakukan pengguna.

Proses ini tidak instan dan sering kali memakan waktu beberapa minggu hingga bulan, terutama jika situs Anda masih baru atau jarang diperbarui.

Baca Juga:   Mengenal White Hat SEO dan Black Hat SEO, Pahami Perbedaannya!

2. Kompetisi yang ketat

Jika berada di industri yang kompetitif, teman-teman akan bersaing dengan banyak situs lain yang mungkin sudah menjalankan SEO selama bertahun-tahun.

Sering kali ada ratusan halaman web yang bersaing di satu topik atau keyword.

Google akan lebih lama menggeser posisi situs lama tersebut jika situs Anda dirasa belum cukup memenuhi faktor tertentu untuk bisa berada di peringkat tertinggi.

Dari hal ini, Anda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk melihat hasil optimasi SEO.

3. Algoritma Google yang terus berkembang

Google secara rutin melakukan update terhadap algoritmanya untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian.

Pembaruan ini dapat memengaruhi performa SEO Anda dan butuh waktu untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Hal ini membuat SEO menjadi tantangan yang terus berubah. Strategi yang efektif di tahun ini bisa saja tidak lagi relevan di tahun mendatang.

Jadi, memahami perubahan tersebut dan menyesuaikan strategi Anda sangatlah penting untuk memastikan SEO yang dilakukan tetap berjalan dengan baik.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kinerja SEO Anda

Selain hal-hal di atas, ada berbagai faktor lain yang memengaruhi seberapa cepat atau lambat campaign SEO Anda mulai menunjukkan hasil, antara lain:

1. Kondisi situs web

Situs yang baru memerlukan waktu yang lebih banyak untuk memperlihatkan hasil dibandingkan situs yang sudah lama dan memiliki pondasi SEO yang baik.

Di sisi lain, situs web dengan umur yang lama bisa saja tercemar dengan praktik-praktik SEO yang salah dan mungkin terkena penalti dari Google karena mempraktikkan black hat SEO, spamming, atau memiliki sejumlah toxic backlink.

Akibatnya, butuh waktu yang panjang untuk mencapai hasil SEO yang optimal.

2. Kualitas konten

Semakin relevan dan bermanfaat konten bagi user, semakin cepat bisa Anda lihat hasilnya.

Google menilai konten yang menjawab search intent pengguna sebagai prioritas.

Berdasarkan Semrush, perhatikan hal-hal ini untuk menciptakan konten yang disukai pengguna maupun search engine:

  • Usability: Buat halaman situs web Anda memberikan user experience yang baik ke pengguna
  • Relevance: Buat konten Anda dapat memenuhi kebutuhan pengguna
  • Quality: Buat konten Anda bermanfaat dan kredibel di mata pengguna

3. Kecepatan situs web

Google menilai kecepatan situs web sebagai salah satu ranking factor. Situs dengan proses loading yang lambat cenderung cepat ditinggalkan pengguna dan meningkatkan bounce rate. Hal ini pastinya akan berdampak negatif pada SEO.

Baca Juga:   Contoh Report SEO Agency yang Kaya Informasi Ala Ridho Putradi S'Gara

Berdasarkan Search Engine Journal, relevansi tetap menjadi faktor utama dalam peringkat Google, tapi kecepatan situs web juga penting karena memengaruhi user experience.

Pastikan juga situs web Anda mobile friendly. Halaman situs web Anda akan tertinggal dari yang lain jika tidak dioptimalkan untuk perangkat mobile.

Tips untuk Mendapatkan Hasil SEO yang Awet

Untuk mendapatkan hasil SEO yang tahan lama, penting untuk melakukan beberapa langkah strategis. Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk mencapainya:

1. Perbaiki technical SEO yang error

Technical SEO mencakup berbagai aspek teknis dari situs web teman-teman, seperti struktur URL, sitemap, kecepatan loading, dan pengindeksan yang benar.

Misalnya, halaman yang terblokir robots.txt atau halaman 404 error dapat memengaruhi kinerja SEO Anda.

Bayangkan situs Anda memiliki banyak halaman produk yang tidak bisa di-crawl oleh Google, baik itu karena pengaturan robots.txt yang salah atau penyebab lainnya. Hal ini tentu dapat memengaruhi kinerja SEO Anda.

Lakukanlah pengecekan dan perbaikan SEO teknikal pada situs web Anda sesegera mungkin. Setelah itu, teman-teman bisa melihat peningkatan ranking dalam beberapa bulan.

2. Fokus pada konten dan keyword low-hanging fruit

Dalam SEO, strategi low-hanging fruit adalah upaya melakukan optimasi dengan cara yang lebih mudah untuk mendatangkan hasil SEO yang lebih cepat.

Pada strategi ini, fokuslah memperbaiki konten yang sudah hampir berada di halaman pertama Google (misalnya posisi 4-10) atau mengoptimalkan kata kunci yang relevan dengan persaingan rendah.

Kata kunci dengan tingkat kesulitan yang rendah dan search volume yang tinggi cocok digunakan dalam strategi ini. Teman-teman bisa masukkan kata kunci tersebut ke title tag, judul halaman, dan paragraf pertama halaman.

Jangan lupa, pastikan konten yang Anda buat tetap up-to-date serta mengandung unsur E-E-A-T.

3. Utamakan buat konten untuk user, bukan search engine

Meski teknik-teknik seperti keyword stuffing pernah populer, saat ini Google lebih mengutamakan konten yang bermanfaat dan relate bagi pengguna.

Fokuslah produksi konten yang menjawab pertanyaan dan kebutuhan mereka. Berikan informasi detail yang tidak disampaikan oleh para kompetitor teman-teman.

Baca Juga:   App Store Optimization (ASO): Bikin Aplikasi Anda Eksis di Perangkat Mobile

Hal tersebut bakal menjadi value lebih untuk website teman-teman di mata user.

Namun, jangan lupa tetap perhatikan juga SEO teknikal dan optimasi situs web Anda agar lebih mudah diindeks search engine.

4. Optimasi konten yang belum helpful/menjawab search intent user

Jika konten teman-teman tidak menjawab pertanyaan user atau tidak relevan dengan search intent mereka, Google tidak akan memprioritaskan situs Anda.

Maka dari itu, lakukan audit pada konten-konten lama yang performanya belum bagus. Setelah melakukan ini, tentukan apa langkah selanjutnya.

  • Jika performa konten tersebut buruk dan potensinya untuk bisa optimal sangat kecil (atau sulit untuk memperbaikinya), singkirkan/buang saja.
  • Jika performa konten terlihat buruk tapi kemungkinan besar bisa ditingkatkan, atau bahkan berpotensi mendatangkan traffic dan konversi walau sedikit, sebaiknya perlu perbaikan, baik itu dari segi isi konten, on-page atau hal technical lainnya.
  • Jika ditemukan konten duplikat yang membahas topik serupa, cobalah untuk mengombinasikan konten-konten tersebut dan optimasikan.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, berarti Anda sudah membangun pondasi SEO yang baik pada situs web. Setelah melakukannya, cobalah untuk mulai melihat hasil dari campaign SEO Anda dalam beberapa bulan ke depan.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal dan tahan lama, penting untuk terus memantau, mengevaluasi, dan memperbaiki strategi SEO Anda seiring berjalannya waktu.

Ingin lanjut membahas seputar penerapan SEO? Atau diskusi tentang faktor-faktor penentu ranking pencarian ter-update? Yuk, gabung grup Telegram DailySEO ID. Di sana, teman-teman bisa bertemu para praktisi SEO berpengalaman dan pegiat digital marketing lainnya.

Jangan lupa, ikut juga kelas “SEO Fundamental Course DailySEO ID Batch 7” bagi teman-teman yang ingin belajar praktik SEO langsung bersama founder DailySEO ID, Ilman Akbar.

Klik di sini untuk mendaftarkan diri teman-teman!

References:

How Long Does SEO Take to Work? [+ Tips for Quick Results]

Page Speed As A Google Ranking Factor: What You Need To Know

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

1 Comment

Write A Comment