Dalam era digital yang semakin kompetitif, memiliki strategi pemasaran yang efektif dan variatif adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas online dan menarik lebih banyak pelanggan adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

Di artikel ini, DailySEO ID akan membahas sejumlah alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan SEO untuk marketing dan bagaimana hal itu dapat membantu teman-teman meraih capaian yang ditargetkan.

1. Organic Search Merupakan Sumber Utama Trafik Website

Organic search (penelusuran organik) adalah memiliki andil cukup besar terhadap performa website untuk sebagian besar bisnis dan juga menjadi bagian penting dari buyer funnel (corong pembeli).

Google memiliki pangsa pasar yang lebih besar jika kita dibandingkan dengan Yahoo, Bing, Baidu, Yandex, DuckDuckGo, dan search engine lainnya.

Dok. Search Engine Journal

Ketika website teman-teman telah dikenal sebagai sumber terpercaya oleh Google dan search engine lainnya, maka hal itu akan memberikan benefit positif bagi sebuah brand.

Hal tersebut itu tidak bisa didapat tanpa aktivasi SEO yang berkualitas di dalam website secara keseluruhan.

2. SEO Menciptakan Kredibilitas dan Kepercayaan

Kredibilitas dan kepercayaan siapa? Ya tentu saja dari para user (pengguna) search engine yang sering mencari informasi atau apa pun itu di sana.

Di Google, ada yang namanya E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) yang menjadi panduan bagi para webmaster untuk menciptakan konten yang berkualitas.

Bukan hanya tentang konten, namun Google juga menekankan bagaimana performa website secara keseluruhan, mulai dari UI (User Interface) hingga UX (User Experience).

Semua itu tidak dapat dipisahkan dan harus saling berkolaborasi untuk menciptakan kredibilitas dan rasa percaya dari user.

Agar semakin optimal, optimalkan juga kanal lainnya selain SEO seperti di media sosial, forum, hingga platform lainnya.

Baca Juga:   Apakah Membeli Tools SEO di Marketplace Direkomendasikan?

3. SEO Memiliki Pengaruh di Buying Cycle (Siklus Pembelian)

Melakukan sejumlah aktivitas research (penelitian) adalah salah satu bagian penting di SEO karena apa yang kita targetkan adalah manusia, bukan si robot itu sendiri.

Menggunakan taktik SEO yang tepat sebagai sarana menyampaikan pesan teman-teman pada user akan menjadi langkah yang baik dan positif.

Brand teman-teman bukan hanya sekadar mudah ditemukan dan dipercaya, namun SEO yang tepat juga akan berperan penting di buyer journey (perjalanan beli) user, bahkan dapat mempertahankan user tersebut (melakukan transaksi berkali-kali)

Website kita adalah sebuah produk, artinya produk yang kita punya haruslah dibuat berkualitas dan memenuhi apa yang user inginkan.

4. Biaya SEO Lebih Hemat dan Efektif

Ya, SEO sebetulnya tidak gratis, ada manpower yang harus digaji dan ada tools SEO yang harus dibayar.

Akan tetapi, SEO yang dilakukan dengan baik akan memberikan timbal balik yang sangat menarik.

Aktivasi SEO yang tepat dan tidak spammy akan bertahan selama bertahun-tahun lamanya.

Tidak hanya hemat biaya, lebih dari itu, SEO juga terukur dan jarang kehilangan value (nilai) seiring berjalannya waktu.

Contoh sederhana:

Teman-teman mempunyai satu website dengan biaya 1 juta per tahun untuk domain dan hosting, menggunakan jasa SEO seharga 14 juta per tahun. Di sana, Anda menjual 1 produk seharga 2 juta dan berhasil terjual 15 kali dalam 1 tahun, itu artinya Anda sudah untung 100%.

Harap diingat, contoh di atas merupakan contoh sederhana saja, ya, teman-teman!

5. Membantu Orang Menemukan Bisnis Anda

SEO membantu orang-orang menemukan bisnis Anda ketika mereka mencari sesuatu di search engine.

Saat website berhasil dioptimalkan, mereka mungkin akan menemukan bisnis Anda ketika:

  • Mencari nama bisnis Anda
  • Mencari produk atau layanan yang ada di website Anda
  • Meneliti topik yang diliput di website Anda
  • Mencari bisnis lokal Anda di Google Maps
Baca Juga:   Studi Semrush: Pengguna ChatGPT Memakai Tools AI Tersebut Seperti Mesin Pencari

Menurut survei Google tahun 2024, lebih dari 50% responden menggunakan Google untuk menemukan brand atau produk baru.

Jadi, ketika teman-teman ingin menjangkau lebih banyak orang, maka mulailah terapkan SEO.

6. SEO “Mempromosikan” Bisnis Anda 24 Jam Penuh

Ketika website yang kita optimasi mendapat ranking yang baik di SERP (Search Engine Results Page), maka audiens dapat menemukan bisnis kita kapan saja selama 24 jam dalam sepekan.

Berbeda dengan iklan bayar per klik (PPC) yang hanya menampilkan website ketika saldo dananya tersedia.

Agar visibilitas website teman-teman terjaga, cobalah lakukan beberapa hal berikut: 

  • Memperbarui konten Anda secara berkala, misalnya 1 tahun sekali
  • Publikasikan konten tentang topik yang relevan dengan audiens dan keahlian Anda
  • Mempromosikan website Anda melalui media sosial, PR (Public Relation), dan kolaborasi seperti guest posting

Pastikan juga untuk mengikuti panduan dari Google dan hindari teknik-teknik spammy supaya website teman-teman optimal dan terhindar dari hukuman penalti.

7. SEO Dapat Mendukung Marketing Channel Lainnya

SEO tidak hanya menguntungkan di search engine, namun juga bisa menguntungkan marketing channel (kanal pemasaran) lainnya. 

Contoh sederhananya, jika SEO website-nya bagus, hal ini dapat membantu mempertahankan user yang membuka website Anda dari iklan.

Selain itu, teman-teman juga dapat menggunakan konten SEO di channel lain, seperti 

  • Dijadikan konten yang dikirim melalui email atau newsletter
  • Diubah menjadi konten desain carousel dan membagikannya ke media sosial
  • Diubah menjadi file pdf sebagai lead magnet sign up, berlangganan, dan yang semisalnya

Cukup menarik sekali, bukan?

8. Membantu Memahami Audiens

Ketika audiens mencari sesuatu di search engine, tentunya mereka memiliki maksud, istilah ini disebut search intent (maksud pencarian).

Setidaknya, ada empat kategori search intent yang perlu teman-teman ketahui, antara lain:

  • Navigational
  • Informational
  • Commercial
  • Transactional

Apa saja query yang menarik mereka ke dalam website Anda bisa dicek di Google Analytics, Google Search Console, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Ahrefs dan Semrush.

Baca Juga:   Waspada! Scammer bisa Mengedit Google Business Profile Anda

Dengan memahami search intent audiens, kita menjadi tahu konten seperti apa yang harus kita produksi untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab semua pertanyaan mereka.

9. Membuat Bisnis Kompetitif

Jika ada bisnis yang belum atau tidak mau terjun ke SEO, besar kemungkinan mereka tidak kompetitif dengan para kompetitor di industri yang sama, setidaknya dalam hal organic search.

Mengapa begitu?

Jawabannya adalah karena hampir semua bisnis kini sudah mengaplikasikan SEO di website-nya.

SEO bukan sekadar tampil di SERP, tapi juga tentang visibilitas berkelanjutan di internet, di search engine, di organic search yang membuat audiens menjadi lebih aware dengan brand Anda.

10. SEO Membantu Menjangkau Pelanggan di Sekitar Lokasi Anda

Local SEO adalah strategi SEO yang membantu meningkatkan visibilitas bisnis atau website di lokasi sekitar bisnis Anda di search engine.

Untuk dapat hasil yang optimal, teman-teman bisa menggunakan Google Business Profile (GBP) untuk menjangkau mereka dan mendapatkan fitur Local Pack.

Dok. Pribadi

Hal ini semakin menarik karena pada tahun 2024, Backlinko menemukan bahwa 42% audiens mengklik salah satu hasil Local Pack yang ada di Google Search.

Akan sangat menguntungkan jika bisnis teman-teman berhasil mendapatkan ranking di lokasi sekitar, mulai dari calon pembeli atau bahkan calon pelanggan tetap.

Demikianlah tulisan mengenai alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan SEO untuk marketing ini.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

References:

15 Reasons Why Your Business Absolutely Needs SEO

10 Benefits of SEO for Your Business

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

I began my SEO journey in 2017 and deepened my expertise in 2019. Since then, I’ve managed SEO for Farmaku.com, DokterSehat.com, and Impulse Digital Agency, while also contributing to DailySEO ID. Now, as a full-time freelancer, I focus on helping B2B companies improve their search visibility and achieve their goals.

Write A Comment