Google Search Central Live Deep Dive Asia Pacific 2025 yang berlangsung tanggal 23-25 Juli 2025 yang lalu di Bangkok, Thailand tidak hanya menjadi tempat para praktisi SEO untuk belajar tentang cara kerja mesin pencari Google dari orang Google-nya langsung.
Event ini juga menjadi panggung bagi 3 orang praktisi SEO Indonesia untuk berbagi pengalaman dan studi kasusnya di depan lebih dari 300 peserta dari seluruh penjuru Asia Pasifik.
Siapa saja?
Ilman Akbar (Founder DailySEO ID) alias saya sendiri, Putri Brahmantini (Corporate Digital Marketing Manager at Maya Resorts Bali), dan Nabila Ghaida Zia (SEO & Storytelling Consultant).



Mereka berbicara dalam sesi yang disebut Lightning Talk Komunitas. Sesi Lightning Talk adalah sesi presentasi berformat singkat, setiap pembicara hanya diberi waktu maksimal 7 menit dengan jumlah slide yang terbatas. Tujuan utamanya adalah memantik diskusi dan kolaborasi.
Mereka bertiga menjadi bagian dari total sekitar 20 pembicara Lightning Talk Komunitas lainnya.
Kenapa mereka bisa terpilih?
Saat mendaftar, peserta ditawarkan untuk untuk berbicara di Lightning Talk Komunitas. Jika tertarik, peserta dipersilakan memasukkan proposal topiknya.
Mereka terpilih berbicara di event ini karena proposal topiknya dipilih oleh Google, yang menyeleksi puluhan topik yang masuk untuk disesuaikan dengan tema & rundown acara.
Topik apa yang mereka bawakan?
Mereka membawakan studi kasus dari pengalaman mereka melakukan praktik SEO secara spesifik di area masing-masing:
- Ilman membawakan topik Scalable SEO through Product-led SEO Approach: Case Studies, membawa studi kasus pendekatan product-led SEO di tempat kerjanya dulu di Glints & Pashouses.
- Putri membawakan topik Using AI to Create Content Faster – without Sacrificing Quality, menceritakan bagaimana ia memanfaatkan AI untuk memproduksi konten di Maya Resorts Bali.
- Nabila membawakan topik Crafting AI-Powered, Data-Driven, E-E-A-T Content Like a TED, menceritakan pengalaman & pendekatannya dalam membuat konten blog yang mengena untuk audiens.
Penasaran dengan apa yang mereka bawakan di panggung?
Berikut kami tampilkan penampilan mereka masing-masing, sebagai oleh-oleh bagi Anda yang tidak berkesempatan hadir di acara.
Poster Session
Selain acara di panggung, Google Search Central Live Deep Dive Asia Pacific 2025 juga memiliki bentuk acara unik yang bernama poster session. Di sesi ini para pemateri tidak membawakan materinya di atas panggung, melainkan membuat materinya ke dalam sebuah poster.
Para peserta akan berkeliling melihat-lihat poster yang menarik perhatian mereka, lalu berdiskusi dengan mendalam dengan para pemateri.
Selain berbicara di sesi Lightning Talk, saya juga terpilih menjadi salah satu yang membawakan topik saya dalam poster session. Saya membawakan topik “Audit Website dalam 5 Menit”
—
Demikian liputan singkat tentang pengalaman 3 orang praktisi SEO Indonesia di event Google Search Central Live Deep Dive Asia Pacific 2025 lalu. Semoga industri SEO Indonesia makin maju & berkembang, dan praktisinya semakin banyak yang bisa go international.
Oh iya, kami juga telah menulis liputan lengkap event ini secara lebih mendetail, jika Anda ingin belajar dari apa yang disampaikan Google setiap harinya.
Sampai ketemu di event konferensi SEO berikutnya!


1 Comment
masyaallah.. keren2.. pantesan terpilih.. bahasa inggris nya juga oke, terutama kak nabila.. salut untuk semua. 👍👍🙏