Google terindikasi telah menonaktifkan atau sedang melakukan uji coba penghapusan parameter URL &num=100 yang menampilkan 100 hasil per halaman.
Laporan tentang perubahan ini mulai beredar sekitar 10 September, dan dengan cepat tersebar luas ke komunitas SEO karena data dari rank-tracking tool (alat pelacak peringkat) menunjukkan adanya gangguan.
Google sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal ini.
Daftar Isi
Perubahan Parameter di Google Search Result
Sebagai praktisi SEO, kita sama-sama tahu bahwa parameter &num=100 sudah sejak lama Google gunakan untuk menampilkan 100 hasil halaman web dalam satu query yang kita masukkan di search bar Google.
Di akhir pekan kemarin, di pekan-pekan awal bulan September, para praktisi SEO menyadari bahwa mode menampilkan 100 hasil sudah tidak bisa.
Dalam pengujian yang dilakukan sebelumnya, mode ini hanya berfungsi sesekali, yang artinya mengindikasikan adanya eksperimen di Google Search.
@tehseoowner menginformasikan di platform X (dulu Twitter):
Kemudian juga Keyword Insights menuliskan:
Dampak yang Terjadi pada di Rank-Tracking Tool
BrodieClark dan yang lainnya mendokumentasikan sejumlah tool SEO yang menunjukkan perubahan ranking, hilang, atau status error saat perubahan diterapkan.
Hasil screenshot sejumlah platform Search Engine Results Page (SERP) sempat terhenti atau menampilkan gap data (kesenjangan data) yang cukup signifikan.
Beberapa profesional SEO melihat penurunan yang cukup drastis pada tab impression (impresi) desktop di Google Search Console (GSC) sejak 10 September lalu, dengan posisi rata-rata yang meningkat.
Analisis yang dilakukan BrodieClark menghubungkan waktu penurunan tersebut dengan perubahan &num=100.
Ia berpendapat bahwa lonjakan impression desktop sebelumnya sebagian dihasilkan oleh bot dari SEO analytic tool dan AI yang memuat halaman dengan 100 hasil.
Tentunya mode ini akan mencatat lebih banyak impression daripada halaman normal dengan mode 10 hasil.
Sampai di sini, informasi di atas hanyalah teori yang dikeluarkan oleh komunitas SEO, dan ini bukan penjelasan resmi langsung dari Google.
Jika ada, DailySEO akan langsung mengangkat informasinya untuk teman-teman.
Meninjau Ulang “The Great Decoupling”
Selama setahun terakhir, banyak tim melaporkan peningkatan impression tanpa hasil klik yang “seimbang”, dan mereka mengaitkan pola tersebut dengan Google AI Overview (Ringkasan AI Google).
Clark berpendapat bahwa perubahan &num=100, dan gangguan SEO tool yang diakibatkannya, memberikan penjelasan alternatif dari anomali yang terjadi, terutama di dalam versi desktop di mana sebagian besar rank tracking terjadi.
Hal ini akan tetap menjadi interpretasi sampai Google memberikan tanggapannya atau memberikan filter pelaporan terbaru di GSC.
Tanggapan-tanggapan Muncul
Clark menulis tentang perubahan tersebut setelah mengamati penurunan signifikan dalam impression desktop di beberapa akun mulai tanggal 10 September.
Clark menuliskan:
… Saya melihat penurunan yang signifikan dalam impresi desktop, yang mengakibatkan peningkatan tajam dalam posisi rata-rata.
Ini terjadi di banyak akun yang saya akses dan tampaknya dimulai sekitar 10 September ketika perubahan pertama kali dimulai.
Keyword Insights menyatakan:
Google telah menghentikan parameter SERP n=100. Alih-alih 1 permintaan untuk 100 hasil SERP, kini dibutuhkan 10 permintaan (biaya 10x lipat). Hal ini berdampak pada modul peringkat Keyword Insights. Kami sedang meninjau berbagai opsi dan akan segera memperbarui platform.
Ryan Jones menyarankan:
Semua alat AI yang meng-scraping Google akan berakibat matinya sebagian besar alat SEO. Orang-orang menggunakan AI terlalu sering dan agresif sehingga Google melawan balik, dan merusak semua SEO rank checker dan peng-scraping SERP di dalam prosesnya.
Hal yang Perlu Dipertimbangan untuk Tim SEO
Amati tren yang terjadi di Google Search Console terkini.
Jika Anda melihat lonjakan impression desktop pada akhir 2024 atau awal 2025 tanpa klik, beberapa tayangan tersebut mungkin terjadi karena bot.
Gunakan perubahan mingguan sejak 10 September 2025 sebagai patokan baru dan catat setiap perubahan substansial dalam report teman-teman.
Hubungi penyedia rank-tracker tool Anda, sebab beberapa tool masih berfungsi dengan metode paginasi atau alternatif, sementara yang lain memiliki celah dan sekarang sedang berusaha memperbaikinya.
Kesimpulan
Google telah dihubungi untuk dimintai komentarnya, tetapi mereka belum mengonfirmasi apakah ini bentuk dari uji coba sementara atau akan menjadi perubahan permanen.
Vendor SEO tool juga sudah beradaptasi, dan komunitas sedang mengevaluasi kembali seberapa besar potensi “perubahan besar” ini terjadi.
DailySEO akan memperbarui kabar ini jika Google memberikan panduan, pernyataan resmi, atau jika perubahan data report muncul di Google Search Console.
Demikianlah tulisan mengenai indikasi Google merubah parameter hasil penelusuran yang mungkin memengaruhi data SEO tool ini, jika teman-teman memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.
Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!
References:
Gambar dari: https://www.seroundtable.com/google-search-drops-100-results-parameter-40097.html