Persaingan mesin pencari mengalami fluktuasi. Dominasi Google sepertinya mulai terkikis. Hal ini terbukti dari global market share dari mesin pencari.
Menurut data dari Global Stats, global market share Google berada di sekitar 89%. Hal ini cukup menarik karena terakhir kali market share Google di bawah 90% adalah pada tahun 2015.
Lantas, bagaimana kita sebagai SEO Specialist menyikapi berita ini?
Daftar Isi
Menurut investigasi dari beberapa pihak seperti Search Engine Land, market share Google di negara-negara Eropa dan Amerika masih sangat besar dan konsisten. Namun, terdapat beberapa penurunan di negara Asia.

Menurut data dari gs.statcounter, Google masih menguasai pasar mesin pencari di Indonesia dengan 94,61%.
Disusul oleh Bing dengan 2,01% market share. Selisih market share Google dengan mesin pencari lainnya masih sangat jauh.
Dengan kata lain, dominasi Google belum terganggu di Indonesia jika kita melihatnya hanya dari market share mesin pencari saja.
Dalam konsep 4P pada marketing mix yang diperkenalkan oleh Phillip Kotler, salah satu unsurnya adalah place atau tempat. Seorang praktisi SEO memakai mesin pencari sebagai unsur place pada marketing mix.
Oleh karena itu, kita harus hadir di mana user berkumpul paling banyak, termasuk pengguna mesin pencari.
Jika suatu saat Google kehilangan dominasinya atau market share turun lebih jauh, praktisi SEO harus mempelajari lagi mesin pencari yang menjadi penguasa market share.
Meski demikian, sebaiknya kita perlu mulai belajar mesin pencari lainnya karena SEO adalah optimasi mesin pencari, bukan optimasi Google.
Selain mesin pencari, dominasi Google juga mulai terganggu dengan adanya AI search seperti SearchGPT, Perplexity, Grok, Meta AI, dll.
Jangan Terpaku Satu Titik, Cari Titik-titik Lainnya!
Turunnya market share Google di kancah global bisa jadi early warning bahwa dominasi Google mulai luntur. Selain itu, data dari gs.statcounter masih hanya melihat data dari mesin pencari saja, belum dengan AI search.
Tidak perlu khawatir dengan hal ini. Praktisi SEO harus adaptif dengan perubahan yang ada. Termasuk jika seandainya Google tidak lagi menjadi mesin pencari yang paling banyak dipakai di dunia.
Untuk di Indonesia sendiri, market share Google adalah 94%, itu berarti praktisi SEO sebaiknya masih fokus dengan mesin pencari yang satu ini, diikuti dengan Bing yang bertengger di peringkat dua market share.
Bagaimana menurut teman-teman perihal berita ini? Kalau ada pandangan sendiri yang ingin didiskusikan bisa langsung gabung ke grup Telegram DailySEO ID.
Banyak praktisi SEO di sana dengan berbagai background yang siap untuk diajak diskusi mengenai SEO.
Tidak hanya itu, saat ini kami masih menyediakan kelas bagi teman-teman yang mau belajar SEO dari nol. SEO Fundamental Course DailySEO ID sudah memasuki batch 8 dan Anda bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya di sini!
References:
Search Engine Market Share Worldwide
Google’s search market share drops below 90% for first time since 2015